Manfaat Dari Susu Kedelai Untuk Melawan Lemak & Kolesterol

Diposting oleh pandaiweb on Jumat, 25 Januari 2013

Dikutip dari : http://mediaonlinenews.com/kesehatan/10-makanan-untuk-menurunkan-kolesterol

"Ada sejumlah makanan yang bisa menurunkan kadar Low-Density Lipoproptein (LDL) alias kolesterol jahat yang menyebabkan plak di pembuluh darah, dan meningkatkanHigh-Density Lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik yang bisa dimanfaatkan tubuh untuk mengolah vitamin yang larut di dalam lemak.
Untuk menurunkan kadar LDL, Anda harus mengurangi asupan lemak jenuhLemak jenuh biasanya ditemukan di produk hewani, misalnya daging, susu, krim, mentega, dan keju. Ada juga lemak jenuh yang berasal dari nabati misalnya santan, minyak kelapa, dan lemak nabati.
Namun banyak juga makanan yang mengandung lemak tidak jenuh sehingga sangat efektif menurunkan kadar kolesterol.
1. Kacang kedelai
Kacang kedelai dan turunannya, alias kedelai yang sudah diolah misalnya menjadi tahu, tempe, susu kedelai, dan tepung kedelai mengandung isoflavon, yaitu zat yang bisa menekan LDL.
Tapi ingat, meski nikmat tahu dan tempe bisa tidak efektif menurunkan kolesterol bila diolah dengan sembarangan. Misalnya, digoreng dengan minyak jelantah atau dicampur santan. Sebab, santan dan minyak goreng adalah sumber lemak jenuh.
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menganjurkan untuk mengonsumsi sedikitnya 25 gram protein kedelai per hari untuk menurunkan kadar kolesterol.
2. Kacang-kacangan
Kacang adalah sumber serat larut yang sangat tinggi. Mengonsumsi serat larut bisamengurangi kolesterol. Mengonsumsi kacang seperti buncis, kacang merah, kacang panjang secara teratur selama enam minggu bisa mengurangi kadar kolesterolsebanyak 10%."


Dikutip dari : http://www.matawanita.com/remaja-matwa/tips-trick/1170-makanan-peluruh-lemak.

"Saat kita terlanjur mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh, cobalah menyantap makanan pencuci mulut berkadar lemak rendah dan tinggi kalsium untuk melunturkan lemak jenuh tersebut.

Pasalnya, kalsium dapat mengikat asam lemak di dalam saluran cerna. Inilah yang kemudian membuat asam lemak tidak terserap oleh tubuh.

“Para ahli belum meneliti berapa jumlah kalsium yang harus kita konsumsi bersama dengan setiap gram lemak yang disantap,” jelas Cynthia Heiss, PhD., PD., asisten profesor di Missouri State University. Tapi menurut Cynthia, segelas susu tanpa lemak, susu kedelai, atau jus dapat membantu program penurunan berat badan."

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar